Rabu, 13 Maret 2013

Tips Berwisata Mendaki Gunung Bromo



Gunung Bromo memang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal dan favorit di tanah air, dan tak sedikit yang ingin mendaki gunung bromo ini hanya karena ingin mendapatkan pengalaman  mendaki. Gunung Bromo memang memiliki ketertarikan tersendiri, baik itu ketika sedang mendaki atau ketika sudah berada di puncak, bahkan perjalanan ketika turun gunung nya, tak heran jika banyak sekali wisatawan lokal maupun asing yang tiap tahun nya mendaki gunung yang letaknya di kabupaten Probollingo, Jatim ini. Mendaki gunung memang menyenangkan, namun ada beberapa hal yang juga harus kita perhatikan, berikut Tips Berwisata Mendaki Gunung Bromo.



1. Periksa Keadaan Kendaraan
Nah, sebelum berangkat menuju Gunung Bromo, hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah melihat keadaan kendaraan yang anda gunakan. Semisal periksalah ban nya (jangan sampai halus), kemudian rem nya, rantai sudah terpasang dengan baik dan kokoh, dan terakhir periksalah bensin anda, karena jalan yang akan ditempuh cukup jauh terjal, jadi resiko kehabisan bensin pasti ada.

2. Berangkat lebih awal
Mengapa kami memasukan 'Berangkat Lebih Awal' ini ke Tips Berwisata Mendaki Gunung Bromo ? Karena memang dengan berangkat lebih awal atau lebih pagi anda akan bisa menikmati indahnya Sunrise (matahari terbit) ketika sampai di lokasi nanti.

3. Berangkat Secara Rombongan
Nah, tips berwisata mendaki gunung bromo yang ketiga adalah 'berangkat secara rombongan', tips ini sebenarnya untuk memperkecil kemungkinan anda dari hal hal yang tidak diinginkan, dengan berangkat secara rombongan, semangat anda pasti lebih banyak, dan dengan beramai-ramai, perjalanan anda tidak akan terasa lelah. 

4. Lihatlah cuaca
Mendaki gunung ketika musim hujan sangat tidak dianjurkan, untuk itu lihatlah cuaca saat ini, jika ketika musim kemarau atau jarang terjadi hujan, anda bisa langsung mendaki ke gunung bromo ini, agar lebih aman.

5. Pakaian yang Tebal
Karena cuaca di Gunung Bromo ini begitu dingin, maka dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang tebal, agar kondisi kita tetap fit, dan agar tidak terserang penyakit akibat kedinginan. Selain itu menggunakan penutup telinga juga penting, karena tekanan udara di Gunung Bromo ini sangat tinggi.

6. Jangan Mudah Tergiur dengan Tawaran Guide
Menyewa Guide memang penting untuk mendaki gunung ini, akan tetapi jangan sampai anda salah memilih jasa, karena hal tersebut bisa membahayakan perjalanan anda selama mendaki, terlebih lagi jika 'jasa palsu' tersebut mempunyai niat jahat dengan kita, inilah Tips Berwisata Mendaki Gunung Bromo dari kami, semoga bermanfaat.